Daftar Lengkap Tim 16 Besar Euro 2024

oleh -11 Dilihat
jerman
Timnas Jerman menang 2-0 atas Hungaria dalam lanjutan Grup A Euro 2024. Hasil ini membuat Jerman jadi tim pertama yang lolos ke 16 besar. Foto: REUTERS

GELSENKIRCHEN, Jambiseru.com – Berikut daftar lengkap tim 16 besar Euro 2024. Tercatat, ada tujuh mantan juara masih bersaing memburu trofi.

Seluruh laga fase grup turnamen terakbar di Benua Biru itu sudah tuntas digelar. Kuota 16 besar sudah terpenuhi.

Timnas Georgia menjadi tim terakhir yang memastikan diri lolos ke fase knockout. Tim debutan itu melakukannya usai menumbangkan mantan juara Euro 2016, Portugal, 2-0 di di Arena AufSchalke, Gelsenkirchen, Jerman, Kamis (27/6/2024) dini hari WIB.

Pada laga lainnya, kemenangan dramatis diraih Timnas Turki kontra Republik Ceko dengan skor 2-1 di Volksparkstadion, Hamburg.

Dengan hasil dua pertandingan tersebut, Grup F meloloskan tiga wakilnya. Meski kalah di matchday terakhir grup, Timnas Portugal tetap lolos sebagai pemuncak klasemen dengan enam poin, setara dengan Turki di urutan kedua.

Georgia juga berhak lolos sebagai salah satu peringkat ketiga terbaik dengan empat poin. Sedangkan Republik Ceko dipastikan tersingkir karena terdampar di dasar klasemen dengan satu poin.

Dengan begitu, dari 16 tim yang memastikan tiket ke babak gugur, ada delapan mantan juara turnamen ini. Selain Portugal, ada juga tuan rumah Jerman, Spanyol, Prancis, Belanda, Denmark, dan Italia.

Rinciannya, Grup A mengirim dua wakil, yakni Jerman dan Swiss. Dari Grup B, Spanyol dan Italia yang melaju. Ada tiga wakil yang lolos ke babak gugur dari Grup C, yakni Inggris, Denmark, dan Slovenia.

Kemudian, kejutan terjadi di Grup D, karena Austria finis sebagai pemuncak klasemen untuk melaju, ditemani Prancis dan Belanda di urutan kedua dan ketiga.

Grup E menghadirkan persaingan paling ketat. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, keempat tim finis dengan sama-sama mengumpulkan empat poin. Namun, Rumania, Belgia dan Slovakia yang berhak lolos karena unggul selisih gol.

Grup F juga mengirimkan tiga tim. Portugal yang kalah 0-2 dari Georgia berhak finis di puncak. Selecao das Quinas diikuti Turki yang melaju sebagai runner up grup, dan Georgia dengan status salah satu dan empat peringkat ketiga terbaik.

Daftar Lengkap Tim 16 Besar Euro 2024

1. Jerman
2. Swiss
3. Spanyol
4. Italia
5. Inggris
6. Denmark
7. Slovenia
8. Austria
9. Prancis
10. Belanda
11, Rumania
12. Belgia
13. Slovakia
14. Portugal
15. Turki
16. Georgia

(*)

Sumber : iNews.id

No More Posts Available.

No more pages to load.