DPRD Provinsi Jambi Dukung Pemprov Siapkan Pembangunan Alternatif Angkutan Batu Bara Lewat Sungai

Angsoduo.net – Anggota DPRD Provinsi Jambi mendukung, rencana Pemerintah Provinsi Jambi mempersiapkan pembangunan angkutan Batu Bara melalui jalur alternatif dari darat ke sungai Batanghari di Desa Tenam, Kabupaten Batanghari ke pelabuhan Talang Duku Jambi.

Dalam rencana itu, Gubernur Jambi meminta proses pengerukan Sungai Batanghari di Desa Tenam dapat dipercepat dengan target akhir Maret Tahun 2022 ini selesai.

Pengerukan sungai di pelabuhan yang terletak di Desa Tenam tersebut bertujuan agar kapal-kapal tongkang yang mengangkut Batu Bara dapat bersandar dan melakukan bongkar muat batu bara di pelabuhan itu.

Seperti yang disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi III DPRD Provinsi Jambi Bustami Yahya saat dikonfirmasi mengatakan. Dirinya sangat mendukung pemerintah Provinsi Jambi membuat pelabuhan ponton Batu Bara di Desa Tenam, Kabupaten Batanghari tersebut.

Dimana pelabuhan tersebut merupakan salah satu upaya dari Pemerintah Provinsi Jambi sebagai solusi mengurai angkutan darat truk Batu Bara yang menyebabkan kemacetan jalan raya yang selama ini terjadi.

“Kita mendukung itu, apalagi tujuan nya untuk mengatasi permasalah angkutan Batu Bara yang menyebabkan jalan raya kerap macet selama ini,” kata Bustami Yahya Senin (28/2/22).

Bustami Yahya juga mengharapkan dengan adanya program pengerukan sungai di pelabuhan Desa Tenam ini menjadi solusi bagi permasalahan selama ini terkait angkutan Batu Bara.

“Sehingga ke depannya tidak ada lagi angkutan Batu Bara yang melintas pada ruas jalan utama, khususnya ruas jalan dari Batanghari menuju Pelabuhan Talang Duku,” tutupnya. (*)

Pos terkait